AROMA KEHIDUPAN YANG BARU


Hai. Aku baru saja menyelesaikan sebuah novel setebal 700 an halaman. Aku sungguh tidak Sabar menceritakan apa saja yang ku dapatkan dari Novel ini.Novel ini berjudul “Aroma Karsa” karya seorang penulis bernama Dee Lestari. Namanya sudah tidak asing lagi bagi para penggemar Novel.

Aku akan menceritakan secara garis besarnya saja. Pada intinya Novel ini Berkisah tentang perjalanan mencari sebuah Bunga yang bisa mewujudkan Kehendak Pemiliknya. Nah, tidak sembarang orang bisa menemukannya. Bentuk dan keberadaannya saja sudah penuh dengan Misteri. Untuk bisa  menemukan Bunga mesterius ini tidak perlu Berprofesi sebagai Arkeolog atau pun Ahli Botani.



Lantas apa? Penciuman. Bunga ini hanya bisa ditemukan oleh orang yang memiliki kemampuan khusus dalam hal penciuman. Karena Bunga ini hanya mau menebarkan keharuman pada orang yang dipilih olehnya.Dan ada 2 manusia istimewa yang berpeluang menemukannya. Seorang Laki-laki dan Perempuan. Mereka berdua hidup dalam latar belakang yang sungguh berbeda jauh. Yang satu penuh dengan kemegahan, dan yang satu penuh dengan keterbatasan. Persamaan mereka adalah dalam kepemilikan penciuman yang istimewa. Mereka tidak saling kenal sampailah pada saat mereka menginjak umur 26 tahun, ada Peristiwa yang menjadi titik awal Perjalanan ini dimulai.

Kebetulan? Aku tidak pernah Percaya ada Peristiwa yang disebut sebagai kebetulan. Karena semua hal yang tidak terduga dalam kehidupan ini sejatinya adalah Perwujudan dari pilihan-pilihan manusia ditambah kuasa Tuhan. Seperti itu pula kisah hidup dua tokoh istimewa dalam Novel ini.


Cara Penyampaian cerita dalam Novel ini sanggup Menghipnotis Pembaca untuk terus membuka lembar demi lembar. Cara penggambaran Karakteristik bebauan pun baru kali ini bisa begitu jelas. Seakan Pembaca bisa benar-benar merasakan apa yg dialami para tokoh dalam novel. Seperti menjelaskan aroma benda yang menurut kita tidak ada baunya sama sekali. Sang tokoh utama bisa mendeteksi akan datangnya hujan disertai badai angin melalui kemampuan  penciumannya. Bisa mendeteksi pula adanya kebocoran bahan bakar pada sebuah mobil balap yang hendak  mengikuti perlombaan. Bisa mendeteksi apa yang baru saja dimakan /  diminum lawan bicaranya. 

Bahkan dia mampu mendeteksi bahan-bahan dari sebuah parfum yang mana penyebutan ilmiahnya pun ia mahir, bisa dibilang dia mengalahkan para parfumer professional yang bersertifikat. Dan yang bisa membuat orang lain salah faham adalah kemampuannya menemukan mayat yang sudah seminggu terkubur sedalam 1 meter di tumpukan sampah membukit di sebuah TPA. Detektif pun dibuat terkagum-kagm olehnya.  Menakjubkan bukan?
Banyak hal baru yang bisa didapatkan dari novel ini. Mari kita kesampingkan bahwa novel ini fiksi. Karena penulis menjelaskan secara science hal-hal yang berkaitan dengan dunia aroma.Yang mana bagiku, kalau tidak kudapatkan dari novel ini maka artinya aku tidak akan sama sekali mengetahuinya.

Untuk mengakhiri cuap-cuapku kali ini. Aku ingin menyampaikan satu hal lagi. Ada satu kutipan yang ku ingat betul dari novel ini. “tekanan adalah kondisi yang bisa membentuk seseorang. Bukan Cuma gizi. Mereka yang tertekan, mereka yang tertantang sejak awal kehidupannya, bisa keluar sebagai pemenang.”


Oleh Sahabat Laila Zaidyah (Ketua KOPRI PK Sunan Pojok Periode 2019/2020)

#ReviewBuku #Literasi

Comments

Popular posts from this blog

SASTRA FEMINIS, PEREMPUAN, DAN PERLAWANAN YANG TAK PERNAH PADAM.

PENGARUH CERITA RAKYAT DALAM PEMBENTUKAN NAMA BLORA